kuliner jogja

Tempat Kuliner Yang Wajib Banget Kamu Kunjungi di Yogyakarta

Siapa yang bisa menyangkal pesona Yogyakarta? Kota yang sangat kental denga budaya Jawa di tengah modernitas dunia selalu memiliki tempat khusus di hati para wisatawannya.

Menyadari potensi yang ada, Yogyakarta meningkatkan kota dengan menambah jumlah tempat wisata. Tak hanya wisata alam dan atraksi budaya, Yogyakarta juga bisa menarik perhatian kuliner.

Agar tidak salah tempat khusus untuk makan di kota istimewa ini, berikut atraksi makanan di Jogja akan membuat Anda ingin kembali ke kota ini:

1. Gudeg Pawon

Bicara tentang kuliner Yogyakarta, tidak lengkap tanpa menyebut gudeg. Gudeg telah menjadi usaha kuliner wajib jika berkunjung ke Yogyakarta. Makanan yang terbuat dari nangka muda sering ditemukan di tempat makan seluruh Yogyakarta. Jika ingin makan di tempat yang berbeda, pergilah ke Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon adalah salah satu daya tarik wisata kuliner di Yogyakarta. Makannya sejak 1958 melayani pelanggannya langsung dari Pawon atau dapur di Jawa. Anda bisa melihat tungku sederhana yang digunakan untuk memasak gudeg ini. Meski tempatnya mudah, tapi kesenangan berkeliling disini seharusnya tidak diremehkan.

Gudeg Pawon bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang suka berwisata kuliner di malam hari. Menikmati gudeg beras plus ayam dan segelas teh hangat yang manis akan menjadi suguhan istimewa di Yogyakarta yang sejuk di malam hari. Anda perlu datang sebelum jam buka karena setiap hari, Gudeg Pawon selalu membanjiri barisan pembeli.

Alamat: Dr. Soepomo, Umbulharjo, Yogyakarta.

2. Sate Klathak Pak Pong

Tempat masakan ini sangat ideal bagi anda untuk sate kambing. Sate Klathak Pak Pong melayani sate khusus yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Sate ini memiliki selera tersendiri dan lezat. Ini berasal dari bumbu sederhana yang digunakan. Sate Klathak hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis membuat sate memiliki selera tersendiri.

Selain rempah-rempah, peralatan masak juga berbeda. Jika daging biasanya dipanggang menggunakan sendok yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan besi dari sepeda. Konon, penggunaan besi bisa membuat daging dimasak merata. Selain itu, juga terbukti ramah lingkungan karena batang besi bisa digunakan berkali-kali, tidak seperti sendok bambu tunggal yang digunakan.

Alamat: Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta

3. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng sangat mudah ditemukan dimana-mana, tapi berbeda dengan nasi goreng ini. Tempat kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan sampai sekarang, rasa nasi goreng belum berubah karena masih menggunakan resep lama yang masih terjaga.

Disini, Anda bisa memesan nasi goreng ayam atau nasi goreng babi. Meski banyak pembeli, tapi Anda tidak perlu menunggu lama sampai pesanan Anda sudah siap. Ini karena nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah banyak, namun tetap disajikan hangat dan lezat. Selain nasi goreng, menu lain yang bisa Anda coba adalah nasi goreng, mi goreng dan kecap.

Selain itu, bagian yang disediakan sangat berbeda. Jika merasa tidak puas dengan makan nasi goreng, Anda bisa memesan bagian dari ukuran 1,5 atau 2 yang disajikan di piring.

Alamat: Jalan Pabringan 1, Yogyakarta

4. Angkringan Lik Man

Angkringan bukanlah istilah asing di Kota Pelajar ini. Angkringan bukan hanya tempat masakan murah di kalangan masyarakat tapi juga budaya. Di Angkringan, orang bisa berkumpul dan berbicara tentang apapun, dari sepak bola sampai berita politik terpanas. Angkringan dapat dengan mudah ditemukan di Yogyakarta, tapi ada satu khas Angringan Angkringan Lik Man.

Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man adalah angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu ini juga mirip dengan angkringan pada umumnya seperti cat sego (nasi), telur puyuh dan berbagai telur goreng. Tapi ada sajian berbeda, yaitu Coffee Joss.

Kopi Joss merupakan menu utama dalam wisata kuliner ini. Cara menyajikan kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah untuk dibakar. Suara ‘jooossss’ yang menyebabkan inilah yang membuatnya dikenal sebagai Kopi Joss. Joss kopi memiliki rasa unik yang unik dan tidak ada kopi lainnya. Konon, kopi yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralkan kafein sehingga kopi aman untuk pencernaan Anda.

 

Sekian info tempat wisata kuliner di jogja yang sangat kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Anda butuh referensi liburan? bisa langsung cek di : https://mymenarik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *